Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan
oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman
profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat
membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat
melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan
melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler),
atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs
ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini
pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio,
Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey,
Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki
lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari
internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna
biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama
seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang
diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007
ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut
berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi
60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo
dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the
"Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post)
per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan
dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per
kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar
kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter
mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang
dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap
detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada
kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010,
ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah
Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan
lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los
Angeles Lakers di FinalNBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal
ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada
tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status
mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat
100.000 kicauan per jam.
Secara Keseluruhan
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan
menggunakan tanda pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau
membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan
sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS,
memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS.
Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL
seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic,
Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks
yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk
memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang
dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga
sebagai Timeline
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang
mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan
kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka
kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang
yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang
diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan
agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang
oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena
pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa
melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar
pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke
dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para nama pengguna (username)
yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak
dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara
spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada
kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan
menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik
yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang
mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik
tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di
dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan
upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada
2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan
pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending
Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending
Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya
terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu,
semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai
Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan
AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya,
atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti #7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
§ Berita
§ Spam
§ Promosi diri
§ Celoteh tidak berarti
§ Percakapan
§ Nilai lewat-terus (pass-along)
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web
yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis.
Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat
ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah
pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009,
Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam
kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar
1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta
pada Februari 2009.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil
menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak
ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat
atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet,Gravity
Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni
2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada
laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan
bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York
memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang
untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan,
sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter
yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja
pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans.
Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita
terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta
pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher.
Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade
Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada
tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan
melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter
memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga
"program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara
independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif
di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam
skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan
sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs
porno.
Penggunaan Twitter di Indonesia
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi,
kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang
mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara
dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor
satu untuk urusan Twitter.
Riset dan Kritik
Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang
baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna
merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak
relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan
seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno
Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu
seseorang berinteraksi namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan
sosial secara stabil.
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter memiliki
tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti menggunakan
layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya
sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai
menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti
pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus. SuperNews! juga
mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih
dari “teriakan ke kegelapan berharap seseorang mendengarkan”.
Scott
A. Golder dan Michael
W. Macy menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta
pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi
kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan
pola seharian.
Alessio
Signorini menggunakan data menciak pengguna Twitter untuk
mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat. Marcel
Salathé dan Shashank
Khandelwal melacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter
berkorelasi dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan
negatif atau positif mempengaruhi pengguna lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar