Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web
yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan
oleh Facebook,
Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta
pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakanperalatan bergerak. Pengguna harus mendaftar
sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil
pribadi, menambahkan pengguna lain sebagaiteman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau
perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka
ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Nama layanan ini berasal darinama
buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik
pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan
tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap
orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya
dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja,
kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum
dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer
Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13
tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun,
sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan
Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling
banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weeklymenempatkannya
di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum
Facebook diciptakan?"Quantcast memperkirakan
Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social
Media Todaypada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki
akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di
sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan
Kanada pada Mei 2011.
Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan
Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa
tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson,
situs ini mirip dengan Hot or
Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku
wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu
waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke
bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin
gambar-gambar ID pribadi
asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku
wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa.
Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama
mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup
kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard.
Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan
terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg
memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan
studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah
seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke
situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia
membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi
catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis
kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh
editorial The Harvard Crimson tentang
insiden Facemash.Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The
Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior
Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja
mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring
sosial bernamaHarvardConnection.com,
sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya
mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah
investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg
yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan
pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs
ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis),
dan Chris Hughes segera
bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan
Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia,
dan Yale. Situs
ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas
Boston, Universitas New York, MIT,
dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada
musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada
Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.]Perusahaan ini menerima
investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini
menghapus The dari namanya setelah membeli nama
ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Pengguna aktif
|
|||
Tanggal
|
Pengguna
(juta) |
Jeda hari
|
Pertumbuhan bulanan
|
26 Agustus 2008
|
100
|
1.665
|
178.38%
|
8 April 2009
|
200
|
225
|
13.33%
|
15 September 2009
|
300
|
160
|
9.38%
|
5 Februari 2010
|
400
|
143
|
6.99%
|
21 Juli 2010
|
500
|
166
|
4.52%
|
5 Januari 2011
|
600
|
168
|
3.57%
|
30 Mei 2011
|
700
|
145
|
3.45%
|
22 September 2011
|
800
|
115
|
3.73%
|
24 April 2012
|
900
|
215
|
1.74%
|
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada
September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada
waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook
kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah
perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26
September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas
dengan alamat
surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa
mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan
Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi
hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober
2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional
di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009,
Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama
kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa
saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara
tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai
kandidat berpotensi untuk penawaran umum
perdanapada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009.
Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook
menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam
alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai
bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk
pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park,
California.
Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook
meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya
situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.\ Namun perlu
diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam
peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan
Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di
Amerika Serikat.
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App
Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan
Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android.[54] Pada bulan April, Facebook
membeli aplikasi Instagram dengan
nilai US$1 miliar.\
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan
muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan
sosial.
Facebook, Inc. mengadakan
penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga
saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar,
nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO,
Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini
berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga
dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan
meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya
mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari
setelah IPO, regulator dari U.S. Securities
and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO,
setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak
diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.
Perusahaan
Pintu masuk ke kantor
pusat Facebook di Stanford Research Park,Palo Alto, California.
Facebook umumnya memiliki tingkat
klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs
web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik
di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti
bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding
situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian
dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta
pencarian), sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata
0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring
Facebook, mengakui bahwa kampanye
periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai
0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua
minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5
kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web
lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna
Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran
iklan untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan
lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan
lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna
menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka
teralihkan dari iklan.
Pendapatan
(diperkirakan, dalam juta US$) |
||
Tahun
|
Pendapatan
|
Pertumbuhan
|
2006
|
$52
|
—
|
2007
|
$150
|
188%
|
2008
|
$280
|
87%
|
2009
|
$775
|
177%
|
2010
|
$2.000
|
158%
|
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan
melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver,
sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka
berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari
tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena
Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000
kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di
Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan
keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video
spanduk.
Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor
di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham
perusahaan, Accel
Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[80] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%,Greylock
Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2%
masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic
Groupkurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan
serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasukMatt Cohler, Jeff
Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes,
dan Owen
Van Natta, sementara Reid
Hoffman dan Mark
Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini,
dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.
Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan
teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim
bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan
kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa
mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Associationdengan nilai
yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan
"pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian
FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.[
Situs web
Halaman utama Facebook
menampilkan formulir log masuk di kanan atas untuk pengguna terdaftar, dan
formulir pendaftaran di bawahnya untuk pengunjung baru.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar
ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna
dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau
umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup
ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman
penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak
organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook
mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat
melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis
untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama
pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang.
Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka
bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan
privasi.
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara
kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya
adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka,
dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan
pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style
Sheets(CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah
fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalahDinding, kotak di
setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan
kepada pengguna tersebut; Colek, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang
memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan
tindakan mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang
yang dapat melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna.
Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di
Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Antarmuka
pengguna grafisFacebook pada telepon genggam
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke
situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan
yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi
seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman
pengguna Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi
fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi
menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed
memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya
mengeluh karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu,
sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak
aktivitas seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan
dengan pengguna lain).
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan
maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat
diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang
pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman
yang baru ditambahkan.
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan
paten terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News
Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi
dalam aktivitas yang sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook
untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, sepertiTwitter.
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook
adalah Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto.[102] Facebook mengizinkan pengguna
untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar sepertiPhotobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah
seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk
mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto
per album.
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu
yang membatasi kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu
album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuannya
untuk "tag",
atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto berisi
seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di foto tersebut.
Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman yang ditandai dan
memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006,
sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat
mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang
minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instanberbasis Comet
bernama "Chat" ke sejumlah profil, yang mengizinkan
pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.
Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang
memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di
profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat
disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
meluncurkan Marketplace, yang
memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah
dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang
dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada
di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang
dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan
"Facebook Beta", yaitu desain ulang antarmuka penggunanya pada
beberapa jaringan. Mini-Feed dan Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi
tab, dan mereka berusaha untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana". Setelah
awalnya memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua
pengguna ke versi halaman baru pada September 2008. Tanggal 11 Desember
2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih
mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur
"Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang
lebih simpel sepertihttp://www.facebook.com/facebook dibandingkan
denganhttp://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke
Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang
resmi diluncurkan untuk iPhone
OS, Android
OS, danWebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan
aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna
aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200
operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan
"Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg
mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel
@facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah
diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat
menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan
diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan
teks, pesan instan, surel,
dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan
Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15
bulan dalam pengembangannya.
Penerimaan
Menurut comScore,
Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung
bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008. ComScore
melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah
peningkatan sebesar 8,6 juta orang. Menurut Alexa, peringkat Facebook di antara seluruh
situs web menurut lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006
hingga September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia. Quantcast
dan Compete.com menempatkan
Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di AS. Situs web ini adalah
yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan total 50 milyar unggahan
foto Tahun 2010, Sophos "Security
Threat Report 2010" melakukan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di
antaranya mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah jaringan sosial yang
memiliki ancaman keamanan terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial
paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk
Kanada, Britania Raya, dan Amerika Serikat.[128][129][130][131] Pada pasar Internet regional,
penetrasi Facebook tertinggi ada di Amerika Utara (69%), diikuti Timur
Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).
Situs ini telah memenangkan berbagai penghargaan
seperti "Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine tahun 2007, dan
"People's Voice Award" dari Webby
Awards tahun 2008. Dalam studi tahun 2006 yang dilakukan
Student Monitor, sebuah perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna tinggi yang
berbasis di New Jersey, Facebook
disebut sebagai hal yang paling populer kedua di antara para sarjana, sejajar
dengan bir dan kurang populer dibandingkan iPod yang
menempati peringkat pertama.
Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan
perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang
muncul karena program Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall
Startup or Product" dari Crunchie untuk
ketiga kalinya secara berturut-turutdan diakui sebagai salah satu
"Perusahaan Silicon Valley Terbaik"
oleh Lead411. Tetapi, menurut survei bulan Juli 2010 olehAmerican Customer Satisfaction Index, Facebook
mendapatkan skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari seluruh
perusahaan swasta menurut kepuasan pelanggan, bersama industri-industri seperti
sistem berkas
elektronik IRS, maskapai penerbangan dan perusahaan
kabel. Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah privasi,
sering berubahnya antarmuka situs, hasil yang diberikan News Feed, dan spam.
Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan
aturan bahwa Facebook merupakan protokol yang
sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini merupakan
pengadilan hukum pertama di dunia yang menetapkan bahwa panggilan
pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook adalah ikatan
hukum. Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David
Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan Axe Market
Garden dilakukan melalui Facebook. Perusahaan (seperti Virgin Atlantic
Airways) juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap
terhubung dengan karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman
mereka.
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas
sehingga kata kerja facebooking mulai digunakan untuk
menjelaskan proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri
sendiri. Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan
"Facebook" sebagai Kata Tahun Ini. Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary mengumumkan
kata tahun ini adalah kata kerja "unfriend"
yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman'
di sebuah situs jaringan sosial seperti
Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had
a fight.'"
Pada April 2010, menurut The New York Times,
negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania
Raya dan Indonesia. Indonesia telah menjadi negara
dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak kedua di dunia setelah Amerika
Serikat dengan 24 juta pengguna atau 10% dari total penduduk Indonesia. Pada
awal 2010, Openbook didirikan,
sebuah situs webparodi (dan advokasi pribadi) yang
memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang
tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis The Wall Street
Journal menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook
mengirimkan informasi identifikasi kepada "lusinan perusahaan periklanan
dan pelacakan Internet". Aplikasi tersebut menggunakan referer
HTTP yang memaparkan identitas pengguna dan teman-temannya.
Facebook mengatakan, "Kami telah melakukan tindakan untuk mematikan semua
aplikasi yang melanggar peraturan kami".
Kritik
Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di
beberapa negara termasuk Republik Rakyat Cina,
Vietnam, Iran, Uzbekistan, Pakistan, Suriah, dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda.
Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh
Facebook, situs ini dilarang di banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook
juga dilarang di beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang
waktu. Privasi pengguna Facebookjuga dipermasalahkan
dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa kali. Facebook berhasil
menyelesaikan tuntutan hukum mengenai klaim kode sumber dan properti
intelektual.
Dampak politik
Panggung debat
Facebook – Saint
Anselm College tahun 2008.
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US
politics' di Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur
respon pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat
debat. Debat ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang telah
dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat
untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle
Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook"
telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan
keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu 2008.
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama
"One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri
ratusan ribu penduduk
Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia,
dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol). Bulan
Agustus 2010, salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri,
bergabung dengan Facebook.
Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat
Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan
kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah Britania kepada Facebook. Laporan
penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan
antara korelasi dan kausalitas.
Di media
|
Wikinews memiliki
berita news involving Facebook:
|
§ Pada usia 102
tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook
pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook.
Sebagai inspirasi bagi penghuni panti jompo tempat ia tinggal, ia langsung
dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia
menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah,
di Downing
Street pada awal 2010. Beberapa saat setelah membuat
halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah
teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang menggunakan Twitter.
Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki 4.962 teman di Facebook dan lebih
dari 56.000 pengikut di Twitter. Kematiannya dilaporkan secara luas di media
dan ia menerima penghormatan dari sejumlah tokoh media terkenal.
§ "FriendFace",
episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The
IT Crowd, memparodikan Facebook
dan situs-situs jejaring sosial secara umum.
§ Penulis Amerika
Serikat, Ben
Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark Zuckerberg dan pendirian Facebook
yang berjudul The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A
Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.
§ Sebagai respon terhadap
kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan
dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan
diberi nama MillatFacebook.
§ "You
Have 0 Friends", salah satu episode bulan April 2010 dari
serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.
§ The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook
dirilis tanggal 1 Oktober 2010.[173]Film ini menampilkan pemain
ensembel yang terdiri dari Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagaiEduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie
Hammer sebagai Cameron dan Tyler
Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron
Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben
Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak ada anggota staf
Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat dalam proyek ini. Namun, salah
satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, adalah narasumber bagi buku
Mezrich. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa The Social Network tidak
akurat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar